Bank Sentral Tiongkok Dorong Pembiayaan Perusahaan Swasta

Tiongkok (AFP/GREG BAKER).

Beijing: Bank sentral Tiongkok akan mendorong lembaga keuangan di negara itu  untuk lebih banyak membiayai perusahaan swasta, terutama perusahaan kecil dan mikro pada 2019.

Sebagaimana dikutip dari Xinhua, Minggu, 6 Januari 2019, pemerintah daerah didorong untuk menyiapkan dana pembiayaan untuk perusahaan swasta, dan alat pendukung untuk penerbitah saham dan pembiayaan obligasi untuk perusahaan swasta juga akan dipromosikan.
 
Dukungan yang lebih kuat juga akan diberikan kepada perusahaan teknologi tinggi, sektor yang baru muncul, dan produsen yang mengalami peningkatan struktural.

Bank sentral Tiongkok juga mengatakan akan melakukan kebijakan moneter yang berhati-hati dengan tidak terlalu ketat atau terlalu longgar sambil menjaga likuiditas pasar serta kestabilan tingkat suku bunga pasar.

Langkah-langkah akan diambil untuk menstabilkan tingkat pinjaman makro, mengerjakan peraturan tentang perusahaan holding keuangan, mengatasi risiko shadow banking dan mengatur fintech.

Bank sentral Tiongkok telah memutuskan untuk memotong rasio persyaratan cadangan (RRR) sebesar satu poin persentase dalam upaya untuk meningkatkan sumber pendanaan pinjaman usaha kecil, mikro, dan swasta.

 

(SAW)