2019, Ekonom Perkirakan PDB Tiongkok di Bawah 6{8de4d87087a9d3461e6b4e6c59da955db1ca08ee0f0d0597518378edb4a71b51}

Beijing: Kepala Ekonom DBS Group Research Taimur Baig mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Tiongkok saat ini kemungkinan berada di bawah level enam persen di tengah permintaan domestik yang goyah. Tidak ditampik, sejumlah persoalan terus memperlambat pertumbuhan ekonomi termasuk adanya efek buruk dari perang dagang.

Sinyal terbaru tentang ekonomi terbesar kedua di dunia ini mengarah pada pertumbuhan yang lebih lemah, termasuk raksasa teknologi Apple baru-baru ini menurunkan proyeksi pendapatan untuk kuartal pertama karena menyalahkan berbagai faktor termasuk permintaan dari Tiongkok.

Bahkan, produsen mobil yang terdaftar di Hong Kong Geely mengatakan, mereka kehilangan target penjualan pada 2018 dan memperkirakan penjualan tetap sama pada 2019. “Sangat menarik bahwa bagian permintaan domestik adalah bagian yang lemah di mana permintaan eksternal tidak seburuk itu,” kata Baig, seperti dilansir dari CNBC, Sabtu, 12 Januari 2019.

Baig menambahkan permintaan domestik yang sangat lemah kemungkinan menandakan perubahan struktural dalam ekonomi Tiongkok. “Untuk bagiannya, DBS memperkirakan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Tiongkok akan enam persen di saat ini,” kata Baig.

Tahun lalu, Tiongkok melaporkan pertumbuhan ekonomi mencapai 6,5 persen pada kuartal ketiga yang menandai langkah terlemahnya sejak krisis keuangan global. Namun, target pertumbuhan resmi Tiongkok untuk 2018 adalah sekitar 6,5 persen.

Sementara data resmi menunjukkan ekonomi Tiongkok bertahan selama sebagian besar tahun lalu, sekarang tampaknya melambat karena metrik produksi dan pesanan ekspor jatuh di tengah sengketa perdagangan negara itu dengan AS, mitra dagang terbesarnya.

Di luar pertarungan tarif, ekonomi Tiongkok menghadapi tantangan domestiknya sendiri. Bahkan sebelum Presiden AS Donald Trump memulai peningkatan terbaru dalam ketegangan perdagangan, Beijing sudah berusaha mengelola perlambatan dalam ekonominya setelah puluhan tahun mengalami pertumbuhan yang sangat buruk.

(ABD)